Senin, 15 April 2013

Musrembang Kab. Bogor Hasilkan Enam Prioritas


Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2014, selama dua hari, dimulai kemarin (19/3) ditutup hari ini (20/3)  oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Hj. Nurhayanti di gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (20/3).
Dengan mengangkat tema Pembangunan Infrastruktur Dalam Memacu Daya Saing Kabupaten Bogor, Musrenbang menghasilkan enam prioritas. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor. Adang Suptandar mengatakan, enam prioritas terdiri dari peningkatan akses serta pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan daya saing perekonomian daerah berbasis pedesaan, peningkatan pembangunan infrastruktur serta pengelolaan ruang dan lingkungan hidup, peningkatan peluang investasi dan penciptaan peluang kerja, peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah, serta peningkatan pelayanan kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Hj. Nurhayanti memberi apresiasi terhadap hasil Musrenbang. “Saya menyampaikan apresiasi terhadap muatan subtantif rancangan RKPD Kabupaten Bogor tahun 2014 yang sudah mengacu pada enam prioritas pembangunan Kabupaten Bogor yang meliputi enam prioritas tersebut”, katanya.
Menurutnya, program dan kegiatan pembangunan daerah yang perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pusat, segera dikoordinasikan guna dibahas dalam forum Musrenbang Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.
Selanjutnya, Hj. Nurhayanti meminta hasil Musrenbang RKPD disampaikan kepada DPRD Kabupaten Bogor. “Saya minta agar hasil Musrenbang RKPD disampaikan kepada DPRD Kabupaten Bogor, agar sejak awal para anggota DPRD dapat mencermati berbagai rencana kerja, terutama prioritas pembangunan yang telah menjadi agenda pada setiap urusan wajib dan urusan pilihan pemerintah Kabupaten Bogor untuk tahun anggaran 2014 mendatang”, pungkasnya.
Tak hanya itu, Hj. Nurhayanti meminta agar program dan kegiatan yang disepakati dalam Musrenbang RKPD Kabupaten segera disusun ke dalam dokumen RKPD tahun 2014 untuk ditetapkan dengan peraturan kepala daerah. Kepada, lanjut Nurhayanti, seluruh jajaran pemerintah daerah bersama DPRD agar secara konsisten menindaklanjuti perumusannya ke dalam kebijakan umum APBD (KUA) dan Prioritas Pagu Anggaran Sementara (PPAS) untuk disepakati bersama sebagai landasan penyusunan rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Bogor tahun 2014.
Sekretaris Daerah Hj. Nurhayanti berharap hasil Musrenbang mempertajam berbagai usulan program dan kegiatan. “Saya berharap Musrenbang RKPD ini berhasil mempertajam berbagai usulan program dan kegiatan yang dihasilkan mulai dari Musrenbang Desa, kelurahan, Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan serta forum SKPD. Usulan tersebut harus sudah tersusun berdasarkan ururtan prioritas kebutuhan masyarakat dengan tetap mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, sinergitas, efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah. (http://www.bogorkab.go.id/2013/03/21/musrenbang-hasilkan-enam-prioritas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MONEV DARI TIM KECAMATAN CIGOMBONG

KEGIATAN  MONITORING DAN EVALUASI ADMINISTRASI DESA  DARI PEMERINTAH KECAMATAN CIGOMBONG