Senin, 15 April 2013

Bupati Bogor Lantik 202 Kades

 http://www.bogorkab.go.id/wp-content/uploads/2013/04/DSC_2398.jpg

Wajah sumringah napak terlihat dari 202 Kepala Desa hasil pemilihan pada 24 Meret 2013 lalu. Pasalnya kini mereka resmi menjadi Kades Definitif setelah Bupati Bogor   H. Rachmat Yasin (RY) melantiknya di Gedung Tegar Beriman Pemkab Bogor-Cibinong. Senin, (15/4). Bupati Bupati Bogor H. Rachmat Yasin  meminta kepada para Kades yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung  jawab serta menghayatinya sebagai kontrak sosial untuk menjadi pemimpin masyarakat desa yang amanah. Karena, jabatan Kepala Desa bukan simbol kemenangan, tapi merupakan simbol pelayan masyarakat dan menjadi kepercayaan rakyat untuk membangun desa.
“Jadilah Kepala Desa yang amanah, andal, dipercaya dan dicintai masyarakat, juga memahami realitas yang dihadapi masyarakat serta berupaya mencari solusi terbaik dalam mengatasinya. Karena, tugas utama Kepala Desa adalah memberikan pelayanan pemerintahan serta membawa masyarakat desa kearah kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan”. Tandas RY. Untuk itulah, lanjut RY upayakan memberikan manfaat nyata dalam pelaksanaan pembangunan, karena dengan menikmati manfaat langsung dari hasil pembangunan daerah, masyarakat akan tergerak untuk berpartisipasi dan melibatkan diri secara aktif dalam prosesnya, lebih dari itu, juga  jangan mengambil tindakan diluar batas kewenangan agar tidak terkena kasus hukum.
“Sudah saatnya kita membangun desa mandiri yang warga masyarakatnya  dijiwai semangat gotong royong, damai dan saling mendukung serta memiliki visi dan tujuan yang sama untuk meraih kemajuan” pinta RY. Lebih lanjut RY juga mengungkapkan bahwa, setiap desa memiliki potensi unggulan dan karakteristik yang berbeda. Oleh karenanya, strategi pembangunan yang diterapkan haruslah berbasis masyarakat dengan memanfaatkan potensi-potensi lokal yang terdapat didesanya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Pada bagian lain, Bupati RY pun mengungkapkan bahwa, setelah Kepala Desa dilantik agar kembali ke daerahnya masing-masing untuk melakukan konsolidasi dan rekonsiliasi setelah berkompetisi pada pemilihan kepala desa yang lalu serta mengembalikan suasana seperti semula tanpa ada konflik antar pendukung. Oleh karenanya, tambah RY jangan buat konflik baru dan bekerjasama  dengan aparat desa untuk membangun desa ke arah yang lebih baik.
Selanjutnya, Bupati Bogor H. Rachmat Yasin berharap setiap kepala desa agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, mulai dari pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pembuatan Kartu Keluarga (KK) secara gratis hingga pelayanan pendidikan berupa pemberian beasiswa kepada masyarakat yang miskin. Juga  wajib memberikan pelayanan kesehatan berupa pemberian kartu Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (Jampesehat) yang diperuntukan bagi masyarakat miskin.
 
Sumber :  www.bogorkab.go.id/2013/04/15/bupati-bogor-lantik-202-kades/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MONEV DARI TIM KECAMATAN CIGOMBONG

KEGIATAN  MONITORING DAN EVALUASI ADMINISTRASI DESA  DARI PEMERINTAH KECAMATAN CIGOMBONG